Mantan Karyawan GM Dibajak Hyundai untuk Proyek Mobil Otonom

mobil otonom Hyundai
mobil otonom Hyundai

SEOUL – Mobil bergerak otomatis (otonom) diprediksi akan menjadi moda transportasi masyarakat bumi di masa depan. Guna percepatan proyek tersebut, produsen mobil asal Korea, Hyundai “membajak” mantan peneliti di General Motor (GM), Lee Jin-woo.

Selanjutnya, pria itu akan bertanggung jawab mengembangkan mobil otonom Hyundai. Terpilihnya Lee Jin-woo bukan tanpa sebab. Di perusahaan asal Amerika Serikat, GM, Ia termasuk orang sukses memimpin pengembangan teknologi mobil otonom selama lebih dari satu dekade.

“Pusat penelitian baru tidak hanya akan meningkatkan teknologi Advanced Drive Assistance System, tetapi berupaya melakukan penelitian ke dalam teknologi mobil self-driving dengan tujuan mengkomersilkan teknologi tersebut,” kata Hyundai Motor dalam keterangan resmi.

Hyundai Motor dan Kia sebagai produsen mobil terbesar kelima di dunia yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi paling mutakhir dalam berkendara di 2020 dan mobil bergerak otomatis sepenuhnya pada 2030.

Namun, menurut beberapa para ahli mengatakan Hyundai perlu berbuat ekstra untuk mengejar ketinggalan dengan rival-rivalnya. Hyundai masih di belakang dalam hal mobil otonom dari Ford Motor Co dan GM.

Kedua perusahaan itu telah menginvestasikan dana besar guna mempercepat mobil otonom. [Ikh/Ikh]

Sumber: Reuters