Keuntungan Mitsubishi Bergabung dengan Nissan-Renault Share this
Berita Mobil
Mode baca

Keuntungan Mitsubishi Bergabung dengan Nissan-Renault

Adi Hidayat
pada 26 April 2017

Foto: Renault-nissan dan mitsubishii berhasil terjual banyak

BEKASI – Bergabungnya Mitsubishi pada Nissan tentu memberi dampak pada kedua produsen mobil tersebut.

Carlos Ghosn, Chairman of Mitsubishi Motors Company (MMC) and the Renault-Nissan Alliance menilai bahwa bergabungnya Mitsubishi pada aliansinya merupakan keuntungan kedua belah pihak. Dengan ini maka MMC, Nissan dan Renault bisa lebih mengusai dunia otomotif.

“Alasan Nissan-Renault dan Mitsubishi tentu ada manfaat di antara keduanya. Mitsubishi bisa mendapatkan akses lebih besar terhadap teknologi dan platform Nissan-Renault yang pastinya lebih banyak ketimbang Mitsubishi itu sendiri,” ungkapnya di sela-sela-konfrensi pers peresmian Mitsubihsi di Bekasi siang hari tadi.

Tak hanya itu, dengan bergabungnya Mitsubishi dalam aliansi maka diharapkan gabungan ketiga perusahaan tersebut dapat membuat mereka lebih dipandang dunua. Pasalnya, dalam industri otomotif, skala perusahaan menjadi hal yang sangat penting.

“Industri kita itu adalah berhubungan dengan skala. Semakin besar kita, semakin baik kita,” ungkapnya kemudian.

Tak hanya itu, Ia pun menambahkan bahwa bergabungnya Mitsubishi ke Nissan-Renault menjadikan produsen mobil tersebut mampu berkembang lebih cepat. Dengan menggunakan teknologi yang dimiliki Nissan, maka Mitsubishi bisa mengembangkan kendaraannya dengan lebih cepat dan murah.

Sementara itu Osamu Masuko, CEO MMC pun mengatakan bahwa beragam teknologi otomotif yang ada di dunia sudah dimiliki Nissan dan kini bisa digunakan pula di mobil Mitsubishi.

“Salah satu contohnya adalah pengembangan teknologi baru di mobil otonom. Sebelum bergabung, kami harus mengembangkannya semua sendiri. Namun dengan bergabung, maka kita bisa merubah jal tersebut. Kita bisa mendapat harga kompetitif dan ini merupakan sebuah keuntungan bagi Mitsubishi,” ungkap Osamu.

Saat ini, Mitsubishi telah bergabung dengan aliansi Nissan-Renault. Aliansi ketiganya pun memberi dampak cukup besar terhadap dunia otomotif karena praktis jumlah penjualan ketiganya menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Nissan merupakan produsen mobil asal Jepang dan memiliki beragam teknologi terbaru seperti mobil listrik, otonom dan sebagainya.

Sementara Mitsubishi memiliki beragam keunggulan salah satunya adalah cukup bersaingnya mereka di segmen mobil komersial. Kombinasi keduanya pun diharapkan mampu mempercepat pertumbuhan otomotif dan pengembangan mobil baru. [Adi/Ikh]


Komentar