Bocoran Spesifikasi New Toyota Supra Share this
Berita Mobil
Mode baca

Bocoran Spesifikasi New Toyota Supra

Adi Hidayat
pada 07 September 2016

Foto: Toyota Supra kembali hadir dengan teknologi canggih

JAKARTA - New Toyota Supra akan tampil perdana di depan publik pada 2017 melalui pamera otomotif termegah di Eropa, Genewa Motor Show. Menjelang penampilannya, sejumlah media telah membocorkan detail spesifikasi sports car anyar Toyota itu.

Dikabarkan bahwa new Toyota Supra adalah hasil kolaborasi antara BMW dan Toyota yang akan menggunakan teknologi hybrid Toyota. Toyota mengakui teknologinya terinspirasi Toyota TS050 hybrid yang pernah mengikuti 24 Hours of Le Mans, di mana sebagai bagian tes teknologi-teknologi hybrid Toyota.

Bahas soal TS050 hybrid, mobil balap ini dilengkapi mesin 3.400cc V8 Normally aspirated, dilengkapi fitur Kinetic Energy Recovery System (KERS) regenerative braking device. Fitur KERS yang pasti dijejali pada new Supra, sementara itu akan terjadi penurunan kapasitas mesin untuk new Supra.

Tiba saatnya nanti, perusahaan berlogo tiga elips itu tetap menyuguhkan performa mesin pada new Supra, seperti sebelumnya sebagai mobil sport berkemampuan tinggi yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation, Jepang dari tahun 1978 sampai 2002.

Toyota Supra sendiri punya "kembaran" yaitu suksesor BMW Z4. Namun, Toyota Supra berdiri di atas new extended chassis, ketimbang kembarannya dengan short chassis. Dalam proses pengembangannya, mobil ini untuk menjegal laju Porsche 911. Hal menarik lain adalah transmisinya.

New Supra akan menggunakan transmisi otomatis dual-clutch, dan bukan transmisi CVT seperti yang diberitakan banyak media. Penggunaan transmisi otomatis dual-clutch sepertinya masuk akal jika new Supra mengejar performa, daripada transmisi CVT.

Dari segi impresi berkendara, Toyota Supra akan memprioritaskan kenikmatan pengemudi dan Toyota menargetkan bobot mobil ini tidak lebih dari 1.400 kg, atau setara Porsche 911, Audi R8 atau Jaguar F-Type. Jika mengenakan body serat karbon seperti mobil-mobil BMW i Series bukan tidak mungkin bobotnya lebih ringan lagi. [Ikh/Ari]


Komentar